Wednesday 5 September 2018

Berbagi Pangalaman dan Tips Menghadapi Test / Ujian CPNS untuk Dokter


Wah sebentar lagi musim seleksi CPNS 2018, ada yang berminat jadi PNS? Apalagi tahun ini moratorium PNS dah habis, jadi InsyaAllah peluangnya lebih besar. Just Info,,, biasanya sih seleksinya sekitar bulan September.Kalo pemberkasan awal biasanya mulai bulan juli, yang saya baca dari.detik.com bahkan tahun 2018 penerimaan CPNS sekitar 200rb kursi. Jadi hayooo dipersiapkan.


Saya ingin berbagi pengalaman tentang tes seleksi CPNS yang saya dan istri saya jalani tahun lalu dan beberapa tips ala saya sendiri untuk berhasil lulus CPNS. Semoga bermanfaat untuk teman sejawat, atau siapapun yang kebetulan menemukan dan membaca tulisan saya ini.



Saat itu sekitar bulan agustus 2012 ada pembukaan CPNS serentak secara nasional, mulai dari kemenkes, BNN, Dephan, Pemda, dan lain sebagainya. Tips yang pertama, carilah informasi sebanyak-banyaknya mengenai kementrian atau daerah mana saja yang akan menyelenggarakan seleksi CPNS, karena semakin kita tahu, semakin kita bisa mempertimbangkan untuk memilih dan melihat peluang, karena tempat kita mendaftar CPNS juga cukup menentukan kalulusan kita, Tips yang kedua carilah kementrian atau tempat CPNS dengan peluang memperebutkan kursi CPNS paling besar, dengan kata lain jumlah kursi CPNS lebih banyak dan pesertanya lebih sedikit dibanding lainnya. Dalam hal ini saya lebih memilih seleksi CPNSD untuk dokter Kota Bandung yang membutuhkan sekitar 21 orang dibandingkan Kemenkes regional Jawa Barat yang Cuma membuka 8 kursi yang diperebutkan secara Nasional.

Mengenai persyaratan untuk mengikuti test CPNS, hampir semua kementrian atau PEMDA mempunyai perstaratan yang sama.

1. Mengisi formulir pendaftaran
 
   Waktu seleksi CPNSD kota Bandung kemarin saya mengisi formulir secara online, berikut kira2 contoh tata cara pengisiannya.


Tata Cara Pendaftaran Online Penerimaan CPNSD Kota Bandung
- Membuka menu form aplikasi pada situs www.cpnsd.kotabandung.org
- Pelamar wajib mengisi semua formulir yang ada dengan benar dan cermat dan diisi dengan Huruf Kapital :
a. Jabatan : diisi dengan pilihan jabatan yang akan dilamar
b. Pendidikan : diisi dengan kualifikasi pendidikan yang dimiliki dan sesuai dengan jabatan
c. No KTP : sesuai dengan KTP yang masih berlaku dan tidak boleh ada spasi.
    contoh : 3273214906820001
d. Nama : sesuai dengan ijazah yang digunakan saat mendaftar
e. Tempat Lahir : sesuai dengan ijazah yang digunakan saat mendaftar
f. Tanggal lahir : sesuai dengan ijazah yang digunakan saat mendaftar
g. Jenis Kelamin : Pilih salah satu
h. Agama : sesuai dengan KTP
i. Alamat : alamat yang bisa dihubungi/alamat tempat tinggal saat ini
j. No Ponsel : Nomor Handphone yang masih aktif dan dapat dihubungi
k. Email : nama email yang aktif dan dapat dihubungi
l. Foto : file berbentuk *.jpeg dan maksimal 50kb, sama dengan pas foto yang dikirimkan bersama berkas pendukung.
m. Ijasah : Scan asli ijazah yang digunakan untuk mendaftar, berbentuk *.jpeg
n. Ijasah Profesi : Scan asli ijasah profesi yang digunakan untuk mendaftar, berbentuk *.jpeg
o. Transkrip : Scan asli transkrip nilai yang digunakan untuk mendaftar, berbentuk *.jpeg (Bila dokumen transkrip lebih dari 1 lembar, hasil scan di satukan menjadi 1 image)
*) Total ukuran dari poin m, n, dan o maksimum 500kb.
Setelah pengisian formulir lengkap (tidak boleh ada yang kosong dan salah), maka pelamar klik Submit, dan kemudian akan muncul nomor pendaftaran, yang harus dicantumkan pada saat mengirimkan berkas pendukung.

Nah, setelah mengisi form pendaftaran secara online, jangan lupa diprint sebagai bukti yang nanti akan dilampirkan saat pengumpulan syarat berkas.

2. Persyaratan Seleksi CPNS (berkas)

Untuk persyaratan seleksi CPNS apa aja, biar tulisan ini ga kepanjangan, silahkan baca di :

Persyaratan Mengikuti Seleksi CPNS

3 comments:

  1. KISAH CERITA SUKSES DARI SAYA DARI HONORER JADI PNS GURU K2 TAHUN 2014

    YANG HANYA BISA DI PERCAYA
    BPK DRS SIDIK KADARUSMAN NO HP BELIAU 0853-9845-2015

    Sumpah demi allah ini kisah cerita nyata saya jadi PEGAWAI NEGERI SIPIL

    Alhamdulillah berkat bantuan BPK SIDIK KADARUSMAN beliau selaku DIREKTORAT PENGAWASAN DAN PENGENDALIAN KEPEGAWAIAN di BKN pusat yang telah membantu saya jadi PNS, Nomor hp bpk Drs SIDIK KADARUSMAN hp: 0853-9845-2015
    KISAH CERITA SAYA JADI PNS Assalamu Alaikum wr-wb,Mohon maaf mengganggu waktu dan aktifitas ibu/bapak,saya cuma bisa menyampaikan melalui pesan singkat dan semoga bermanfaat, saya seorang honorer baru saja lulus jadi PNS k2 tahun 2014, dan Saya ingin berbagi cerita kepada anda, Bahwa dulunya saya ini cuma seorang Honorer di sekolah dasar, Sudah 9 tahun saya jadi tenaga honor belum diangkat jadi PNS Bahkan saya sudah 5 kali mengikuti ujian, tidak pernah lolos bahkan saya sempat putus asah,namun teman saya memberikan no telf Bpk drs SIDIK KADARUSMAN yang bekerja di BKN pusat Jl. Letjen Sutoyo No. 12 Jakarta Timur 13640 sebagai DIREKTORAT PENGAWASAN DAN PENGENDALIAN KEPEGAWAIAN yang di kenalnya di bkn jakarta dan saya pun coba menghubungi beliau dan beliau menyuruh saya mengirim berkas saya melalui alamat kantor beliau, Satu minggu kemudian saya sudah ada panggilan ke jakarta untuk ujian, alhamdulillah berkat bantuan beliau saya pun bisa lulus dan SK saya akhirnya bisa keluar,dan saya sangat berterimah kasih ke pada beliau dan sudah mau membantu saya, itu adalah kisa nyata dari saya, jika anda ingin seperti saya anda bisa, Hubungi Bpk SIDIK KADARUSMAN hp: 0853-9845-2015 , siapa tau beliau bisa bantu. Wass

    ReplyDelete
  2. Alhamdulillah berkat bantuan bpk DR.HERMAN M.Si

    DIREKTUR JABATAN APARATUR SIPIL NEGARA BKN PUSAT JKT, sekarang saya dan kaka saya sudah jadi PNS berkat bantuan beliau, nomor hp bpk Dr Herman 0853-2174-0123


    (KISAH NYATA LULUS PNS DI lingkungan KEMENTERIAN HUKUM DAN HAM )


    Kakak dan Saya 3 Kali Gagal di Seleksi CPNS Membuatku dan Dirinya saling memotivasi dan Akhirnya di tahun 2014 Berhasil

    Sampai sekarang PNS adalah profesi yang sangat diidam-idamkan oleh kebanyakan orang di Indonesia. Terbukti, setiap kali pemerintah membuka pendaftaran CPNS, peserta yang mendaftar selalu membludag.

    Menjadi PNS memang nikmat sekali rasanya. Wajar jika ribuan orang rela berdesak-desakan demi mendapatkan kursi PNS.

    Saya Akan Berbagi Cerita Nyata Dengan teman-teman Semua,.

    Mohon maaf mengganggu waktunya saya cuma bisa menyampaikan melalui KOMENTAR singkat dan semoga bermanfaat..... saya dan Kakak seorang honorer yang baru saja lulus jadi PNS tahun 2014 yang lalu, dan Saya ingin berbagi cerita kepada anda, Bahwa dulunya kami ini cuma seorang Honorer di Salah satu Instansi Pemda di provensi JAWA TIMUR tepatnya KOTA MADIUM dan Kakak Saya di Instansi Pemerintahan di Kantor BUPATI DI JAWA TIMUR, Saya Sudah 8 tahun dan Kakak Saya 10 tahun jadi tenaga honorer belum diangkat jadi PNS, Bahkan saya sudah 3 kali mengikuti ujian, namun hasilnya nol, sayapun sempat putus asah, kemudian teman saya memberikan no tlp Bpk Dr. HERMAN M.si hp: 0853-2174-0123 beliau selaku (Direktur jabatan aparatur sipil negara) di BKN pusat Jl. Letjen Sutoyo No. 12 Jakarta Timur 13640 dan saya pun coba menghubungi beliau dan beliau menyuruh saya mengirim berkas saya melalui email, dua minggu kemudian saya sudah ada panggilan untuk ujian, alhamdulillah berkat bantuan beliau saya pun bisa lulus dan SK saya akhirnya bisa keluar, dan saya sangat berterimah kasih kepada beliau yang sudah mau membantu saya. itu adalah kisah nyata dari saya, jika anda ingin seperti saya anda bisa hubungi Bpk Dr. Herman M.si no hp Beliau 0853-2174-0123, siapa tau beliau masih mau membantu anda untuk mewujudkan impian anda menjadi sebuah kenyataan.

    Sedikit Tambahan Bahwa tanggal 02 Desember 2017 kemarin saya melakukan komunikasi kepada beliau untuk bisa meluluskan adik saya sebagai CPNS ke PNS.

    -Terimakasih kpada Orang Tua, Saudara-saudaraku; Selalu mensupport aku

    -Terimakasih untuk khususnya ( Direktur jabatan aparatur negara) Bpk Dr.Herman m.si beliau selaku petinggi BKN PUSAT, dia'lah yang membantu kelulusan saya selama ini, alhamdulillah SK saya tahun 2015 bisa keluar.

    Salam & Terima kasih

    ReplyDelete

Leave a Comment To My Blog Please,,, (^_^)

Stroke adalah Serangan Otak Gawat Darurat

Stroke   Stroke adalah Serangan Otak Gawat Darurat    ( Ilustrasi Stroke : https://theheartysoul.com/signs-of-strokes-in-women/) ...

POSTINGAN LAINNYA