Friday 23 December 2011

Cerita Imut dibalik Namaku

Ilustrasi Lucunya saya waktu bayi
     Detail kisah ini terungkap secara tidak sengaja, saat saya bersama Mama, Papa, Dan Adik-adik saya dalam perjalanan ke suatu tempat. Setelah 23 tahun, saya baru mengetahui secara terperinci, bagaimana asal-usul kelahiran Dan sesuatu yang  besar di balik nama saya “Anton Hilman”, karena selama ini saya hanya tahu, telah lahir bayi laki-laki, BB 2800gr, panjang badan 49cm, sehat tanpa cacat bawaan pada tanggal 25 April 1988. Dan diberi nama Anton Hilman.

      Alkisah sekitar pertengahan tahun 1987, Ibunda tercinta sudah mulai mengandung anaknya yang ke dua, Its Me..!! tidak ada yang spesial saat beliau mengandungku. Tetapi saat itu sedang booming seorang penyiar yang membawakan edukasi tentang bahasa inggris di stasiun TVRI, pada zaman itu satu-satunya stasiun TV yang paling gampang diakses cuma TVRI, jadi bisa dijamin orang-orang yang hidup di era 80an pasti tahu sosok “Prof. Dr. Anton Hilman“ seorang penyiar TVRI yang mendunia. Ini terbukti semenjak saya SMA setiap mulai memasuki tahun ajaran baru, sesi perkenalan dengan guru-guru, selalu saja ada komentar “Anton Hilman...?? itu bukannya penyiar bahasa inggris di TVRI dulu ya?” bahkan sampai setiap saat saya begranti stese/kepaniteraan klinik, entah berapa puluh dokter konsulen saya yang menanyakan pertanyaan serupa.

     Sebuah nama adalah do’a, itulah yang menjadi dasar Ibuku memberiku nama Anton Hilman, tetapi do’a itu bukan hanya  secara harfiah dari namanya saja juga dari cerita Dan harapan yang menyertainya. Ibuku begitu terkesima dengan sosok penyiar bahasa inggris TVRI itu, seorang profesor yang tampak cerdas dan berwibawa, Dan keahliannya dalam bahasa inggris yang saat itu masih “wah...!!!” sehingga ibuku berjanji apabila anak yang dikandungnya laki-laki, akan diberi nama sesuai nama mas-mas yang di TV itu, diharapkan anaknya dapat memiliki hal yang baik seperti tokoh yang dikaguminya. Walaupun sebenarnya belakangan ini saya mencari dari berbagai sumber, “Apa sih arti yang sesungguhnya dari nama Anton Hilman..?”. Akhirnya ku menemukannya, ternyata Anton berasal dari bahasa yunani, yang memiliki arti “Precious, prcieless = berharga, tak ternilai” Dan Hilman berasal dari bahasa arab, yang berarti orang yang bijaksana. Nama Anton Hilman memiliki arti seorang yang bijaksana dan berharga, Subhanallah... ternyata namaku memiliki arti yang istimewa. Semo9a do’a Ibuku di balik arti nama dan cerita namaku menjadi nyata, sehingga aku bisa menjadi insan yang bijaksana, berharga , Dan cerdas serta berwibawa seperti tokoh dibalik namaku. Ada yang tertarik memberi nama anaknya Anton Hilman suatu saat nanti..??

Berhubung waktunya sarapan, nanti dilanjut lagi,,,

Cerita kelahiran seorang dokter yang lahir post-mature (48 minggu) di tangan seorang paraji,,,!!!

No comments:

Post a Comment

Leave a Comment To My Blog Please,,, (^_^)

Stroke adalah Serangan Otak Gawat Darurat

Stroke   Stroke adalah Serangan Otak Gawat Darurat    ( Ilustrasi Stroke : https://theheartysoul.com/signs-of-strokes-in-women/) ...

POSTINGAN LAINNYA