Thursday 19 January 2012

Ulasan Ilmiah Mengenai Sakit Kepala

Sakit kepala biasanya terjadi akibat ketegangan atau peningkatan tekanan dalam struktur-struktur peka nyeri dalam kranium.
Struktur kranium yang peka nyeri dan terlibat dalam sakit kepala yaitu:
1.      Semua jaringan ekstrakranium, termasuk di dalamnya kulit kepala, otot, arteri dan periosteum tengkorak.
2.      Sinus kranialis
3.      Sinus vena intrakranium dan vena cabangnya
4.      Bagian dari dura di dasar otak dan arteri di dalam dura
5.      Nervus kranialis trigeminus, fasialis, vagus dan glossofaringeus serta Nervus cervicalis (C2 dan C3)
Ilustrasi Sakit kepala
Sedangkan,
struktur kranium yang tidak peka terhadap nyeri  adalah:
1.      Parenmkim otak
2.      Sebagian besar jaringan meningens
3.      Tengkorak

Penyebab
Kemungkinan nyeri di kepala disebabkan :
  1. Traksi vena – vena dengan perpindahan tempat sinus vena –vena besar
  2. Traksi arteri meningea media
  3. Traksi dari arteri yang besar di bagian dasar otak
  4. Distensi dan dilatasi arteri intra dan ekstrakraniial
  5. Inflamasi pada tempat – tempat yang sensitive terhadap rasa nyeri di kepala. Biasanya karena meningitis dan ensefalitis
  6. Tekanan  langsung oleh tumor di nervus cranial dan servikal yang mengandung serabut saraf nyeri aferen.
  7. Ketegangan, yaitu pengetatan berkepanjangan otot-otot leher, kulit kepala dan dahi. Biasanya terjadi pada saat cemas, stress, dan kelelahan.
Proses Terjadinya Sakit kepala


Pada nyeri kepala, sensitisasi terdapat di nosiseptor meningeal dan neuron trigeminal sentral. Fenomena pengurangan nilai ambang dari kulit dan kutaneus allodynia didapat pada penderita yang mendapat serangan migren dan nyeri kepala kronik lain yang disangkakan sebagai refleksi pemberatan respons dari neuron trigeminalsentral.3
lnervasi sensoris pembuluh darah intrakranial sebahagian besar berasal dari ganglion trigeminal dari didalam serabut sensoris tersebut mengandung neuropeptid dimana jumlah dan peranannya adalah yang paling besar adalah CGRP (Calcitonin Gene Related Peptide), kemudian diikuti oleh SP (substance P), NKA (Neurokinin A), pituitary adenylate cyclase activating peptide (PACAP) nitricoxide (NO), molekul prostaglandin E2 (PGEJ2) bradikinin, serotonin (5-HT) dan adenosin triphosphat (ATP), mengaktivasi atau mensensitisasi nosiseptor2. Khusus untuk nyeri kepala klaster clan chronic paroxysmal headache ada lagi pelepasan VIP (vasoactive intestine peptide) yang berperan dalam timbulnya gejala nasal congestion dan rhinorrhea.
Sistem ascending dan descending pain pathway yang berperan dalam transmisi dan modulasi nyeri terletak dibatang otak. Batang otak memainkan peranan yang paling penting sebagai dalam pembawa impuls nosiseptif dan juga sebagai modulator impuls tersebut. Modulasi transmisi sensoris sebagian besar berpusat di batang otak (misalnya periaquaductal grey matter, locus coeruleus, nukleus raphe magnus dan reticular formation), ia mengatur integrasi nyeri, emosi dan respons otonomik yang melibatkan konvergensi kerja dari korteks somatosensorik, hipotalamus, anterior cyngulate cortex, dan struktur sistem limbik lainnya. Dengan demikian batang otak disebut juga sebagai generator dan modulator nyeri kepala.
Stimuli elektrode, atau deposisi zat besi Fe yang berlebihan pada periaquaduct grey(PAG) matter pada midbrain dapat mencetuskan timbulnya nyeri kepala seperti migren (migraine like headache). Pada penelitian MRI(Magnetic Resonance Imaging) terhadap keterlibatan batang otak pada penderita migren, CDH (Chronic Daily Headache) dan sampel kontrol yang non sefalgi, didapat bukti adanya peninggian deposisi Fe di PAG pada penderita migren dan CDH dibandingkan dengan kontrol.



Sumber:
   Sherwood, Lauralee. Human Physiology From Cell to Systems. 5th Edition. 2004. Thomson Brooks/Cole.
Junquier, LC.Histologi Dasar. Edisi 8. Bab 23. 1998. jaringan saraf & sistem saraf. Alih Bahasa: L tambayong. Hal 163-71. EGC
Price, Sylvia Anderson; Patofisiologi : Konsep Klinis Proses-proses Penyakit; alih Bahasa, Brahm U. Pendit [et. Al.]; ed. 6; Jakarta : EGC, 2005.
Sjahrir hasan.Mekanisme terjadinya nyeri kepala primer dan prospek pengobatannya. USU digital library.2004


Oleh dr.Anton Hilman a.k.a KangAntonH

2 comments:

  1. Alhamdulillah berkat bantuan bpk DR.HERMAN M.Si

    DIREKTUR JABATAN APARATUR SIPIL NEGARA BKN PUSAT JKT, sekarang saya dan kaka saya sudah jadi PNS berkat bantuan beliau, nomor hp bpk Dr Herman 0853-2174-0123


    (KISAH NYATA LULUS PNS DI lingkungan KEMENTERIAN HUKUM DAN HAM )


    Kakak dan Saya 3 Kali Gagal di Seleksi CPNS Membuatku dan Dirinya saling memotivasi dan Akhirnya di tahun 2014 Berhasil

    Sampai sekarang PNS adalah profesi yang sangat diidam-idamkan oleh kebanyakan orang di Indonesia. Terbukti, setiap kali pemerintah membuka pendaftaran CPNS, peserta yang mendaftar selalu membludag.

    Menjadi PNS memang nikmat sekali rasanya. Wajar jika ribuan orang rela berdesak-desakan demi mendapatkan kursi PNS.

    Saya Akan Berbagi Cerita Nyata Dengan teman-teman Semua,.

    Mohon maaf mengganggu waktunya saya cuma bisa menyampaikan melalui KOMENTAR singkat dan semoga bermanfaat..... saya dan Kakak seorang honorer yang baru saja lulus jadi PNS tahun 2014 yang lalu, dan Saya ingin berbagi cerita kepada anda, Bahwa dulunya kami ini cuma seorang Honorer di Salah satu Instansi Pemda di provensi JAWA TIMUR tepatnya KOTA MADIUM dan Kakak Saya di Instansi Pemerintahan di Kantor BUPATI DI JAWA TIMUR, Saya Sudah 8 tahun dan Kakak Saya 10 tahun jadi tenaga honorer belum diangkat jadi PNS, Bahkan saya sudah 3 kali mengikuti ujian, namun hasilnya nol, sayapun sempat putus asah, kemudian teman saya memberikan no tlp Bpk Dr. HERMAN M.si hp: 0853-2174-0123 beliau selaku (Direktur jabatan aparatur sipil negara) di BKN pusat Jl. Letjen Sutoyo No. 12 Jakarta Timur 13640 dan saya pun coba menghubungi beliau dan beliau menyuruh saya mengirim berkas saya melalui email, dua minggu kemudian saya sudah ada panggilan untuk ujian, alhamdulillah berkat bantuan beliau saya pun bisa lulus dan SK saya akhirnya bisa keluar, dan saya sangat berterimah kasih kepada beliau yang sudah mau membantu saya. itu adalah kisah nyata dari saya, jika anda ingin seperti saya anda bisa hubungi Bpk Dr. Herman M.si no hp Beliau 0853-2174-0123, siapa tau beliau masih mau membantu anda untuk mewujudkan impian anda menjadi sebuah kenyataan.

    Sedikit Tambahan Bahwa tanggal 02 Desember 2017 kemarin saya melakukan komunikasi kepada beliau untuk bisa meluluskan adik saya sebagai CPNS ke PNS.

    -Terimakasih kpada Orang Tua, Saudara-saudaraku; Selalu mensupport aku

    -Terimakasih untuk khususnya ( Direktur jabatan aparatur negara) Bpk Dr.Herman m.si beliau selaku petinggi BKN PUSAT, dia'lah yang membantu kelulusan saya selama ini, alhamdulillah SK saya tahun 2015 bisa keluar.

    Salam & Terima kasih

    ReplyDelete

Leave a Comment To My Blog Please,,, (^_^)

Stroke adalah Serangan Otak Gawat Darurat

Stroke   Stroke adalah Serangan Otak Gawat Darurat    ( Ilustrasi Stroke : https://theheartysoul.com/signs-of-strokes-in-women/) ...

POSTINGAN LAINNYA